Selamat Datang

Selamat Datang

awsurvey

poptm

Thursday 28 February 2013

10 Macam Tentang Nikah (part 3)

7.   BILA ORTU MENYURUH

Ibnu Muflih رحمه الله berkata: "Apabila seorang ayah menyuruh anaknya agar menceraikan istrinya maka tidak wajib ditaati. Demikian pendapat mayoritas sahabat kami (Hanabilah, pen.)."

Sanadi berkata: Ada seorang lelaki pernah bertanya kepada Abu Abdillah (Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله) seraya mengatakan: "Sesungguhnya ayahku menyuruhku agar menceraikan istriku." Beliau menjawab: "Jangan engkau menceraikannya." Lelaki itu berkata lagi: "Bukankah Umar رضي الله عنه menyuruh anaknya (Abdulloh bin Umar رضي الله عنهما) agar menceraikan istrinya?" Kata Imam Ahmad رحمه الله: "Benar, kalau memang ayahmu seperti Umar." (Yakni dalam keadilan dan tidak mengikuti hawa nafsu seperti dalam masalah ini). (al-Adab Syar'iyyah 2/77-78)

8.   SIFAT UMUM WANITA
Ada sebuah syair yang konon dinilai banyak penyair sebagai "syair terindah tentang sifat umumnya wanita". Ialah syair Alqomah bin Abdah at-Tamimi sebagai berikut:

فَإِنْ تَسْــــــــــــــــأَلُونِـيْ بِـــالــــــــــــــنِّسَـــــــــــــــاءِ فَــــــــإِنَّنِــــي
بَــــــــصِيْـــــــــــــــــرٌ بِــــــــــأَدْوَاءِ الــــــــــــــــــنِّسَـــــــــــــــاءِ طَبِــــــــــــــــــــــيْـــــــــــــــــــــبُ
إِذَ شَــــــــــــابَ رَأْسُ الْـــــــــــــــــــــــــــمَرْءِ أَوْ قَلَّ مَـــالُـــــــــــــــــــــهُ
فَلَــــــــــــــــــــــيْــــــــــــــــــــــسَ لَـــــــــــــــــــهُ فِــيْ وُدِّهِــــــــــــــنَّ نَضِـــــــــــــــــــــــــــــــــبُ
يُـــــــــــــــــــــــرِدْنَ ثَـرَاءَ الْـــــــــــــــــــمَالِ حَـــيْــــــــــــــــــثُ عَلِــــــــــــــــــمْنَهُ
وَشَـــــــــــــــــــــــــــرْخُ الــــــــــــــــــــــشَّــــــــــــبَابِ عِنْدَهُنَّ عَجِـــــــــــــــــيْــــــــــــــــبُ

Apabila kalian bertanya kepadaku soal wanita

Akulah orang yang mengerti tentang penyakit mereka dan akulah dokter mereka

Jika rambut seorang pria telah beruban atau sedikit hartanya

Maka dia tidak lagi dicintai oleh wanita

Para wanita sangat menginginkan kekayaan harta

Dan awal kepemudaan dalam hati mereka, sungguh sangat luar biasa

9.   MELIHAT SEBELUM MENIKAH
Sebelum menikah, dianjurkan bagi seorang lelaki untuk melihat (nazhor) calon istrinya terlebih dahulu sebagaimana sabda Nabi صلي الله عليه وسلم kepada seseorang yang ingin menikah:

اِذْهَبْ فَانْظُرْ اِلَيْهَا فَاِنَّهُ اَحْرٰى اَنْ يُؤْدِمَ بَيْنَكُمَا

"Pergi dan lihatlah calon istrimu karena hal itu akan lebih melanggengkan rumah tangga kalian berdua." (HR. Ibnu Majah: 1865, Ibnu Hibban: 4043, lihat ash-Shohihah al-Albani: 96)

Namun hal itu dengan ketentuan beberapa syarat sebagai berikut:
  1. Tidak hanya berdua-duaan karena ketiganya adalah setan. 
  2. Pandangannya tanpa syahwat karena tujuan melihat di sini adalah untuk mengetahui saja bukan untuk kelezatan.
  3. Ada kemungkinan besar untuk diterima. Artinya, kalau dia seorang miskin tapi berkeinginan untuk melamar putri pejabat tinggi misalnya, di sini kemungkinan besar dia tidak diterima, maka tidak boleh.
  4.  Melihat anggota badan yang biasa nampak seperti wajah, telapak tangan, kaki dan sejenisnya.
  5.  Betul-betul berkeinginan untuk nikah bukan hanya mencoba-coba dan berkeliling kepada wanita.
  6. Wanita tidak bersolek dan berdandan seronok sehingga menimbulkan fitnah, (lihat Syarhul Mumti' Ibnu Utsaimin 12/22).

10.  CANDA ULAMA
Kebiasaan Syaikh Abdul Aziz bin Baz رحمه الله setelah Isya' adalah mengundang orang untuk makan malam, kalau ada seorang yang udzur, beliau berkata kepadanya: "Kamu ini takut kepada istrimu, kalau kamu tidak takut, maka duduk dan makan malamlah bersama kami, tapi kalau takut kepadanya, pergilah." Akhirnya orang itu terdesak untuk duduk.

Suatu saat, beliau berkata kepada salah seorang penuntut ilmu: "Kenapa kamu tidak poligami?" Jawabnya: "Ya Syaikh, saya muwahhid." Kata Syaikh: "Miskin, itu tauhidnya para penakut!!" (Imam Ibnu Baz Durusun wa 'Ibar Abdul Aziz as-Sadhan hal. 49)

Dalam pelajaran fiqih, ketika membahas tentang cacat dalam pernikahan, seorang murid bertanya kepada Syaikh Ibnu Utsaimin رحمه الله: "Wahai Syaikh -semoga Alloh memberkahi anda- bagaimana seandainya ada seorang lelaki menikah, ternyata setelah itu ketahuan istrinya tidak punya gigi, bolehkah dia mencerainya?!!" Syaikh menjawab: "Itu istri yang sangat istimewa!! Karena dia tidak mungkin dapat menggigitmu!!"

0 comments:

Post a Comment

Yang ada kritik ....
saran...
komentar.....
silakan!!!
tolong yang sopan be yo..