Selamat Datang

Selamat Datang

awsurvey

poptm

Sunday 24 February 2013

10 Macam Tentang Nikah (Part 1)


1.    Nikah dengan Jin
Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithi رحمه الله berkata: "Saya tidak mengetahui dalil yang tegas dalam al-Qur'an maupun hadits yang menunjukkan bolehnya pernikahan antara jin dan manusia, bahkan zhohir ayat-ayat al-Qur'an menunjukkan tidak bolehnya, seperti firman Alloh عزّوجلّ:
وَاللّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجاً
Alloh menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri.... (QS. an-Nahl [16]: 72)

Dalam ayat mulia ini terdapat kenikmatan Alloh kepada anak Adam bahwa pasangan mereka dari jenis mereka sendiri. Bisa dipahami dari situ bahwa Alloh tidak menjadikan bagi mereka pasangan yang berbeda jenisnya seperti perbedaan antara manusia dengan jin. Hal ini sangat jelas." (Adhwa'ul Bayan 3/386)




 3.    Nikah Beda Agama

"Nikah beda agama" dalam arti pernikahan antara seorang pria non-muslim dengan muslimah adalah terlarang, namun dibolehkan bagi pria muslim menikah dengan wanita ahli kitab dengan beberapa syarat.

Hal ini pernah ditanyakan oleh seorang Yahudi kepada salah seorang ulama muslim: "Kenapa kalian membolehkan pria muslim menikah dengan wanita kami, tetapi melarang kami menikahi wanita kalian?!" Alim tersebut menjawab: "Karena kami beriman dengan nabi kalian (Nabi Musa عليه السلام), tetapi kalian tidak beriman dengan nabi kami (Nabi Muhammad صلي الله عليه وسلم)!!" (Min Fawa'id Syaikhina Sami bin Muhammad 'Ala Zadil Mustaqni’ oleh al-Hajjawi)


           3.     Poli Gami
Syaikh Ahmad Muhammad Syakir رحمه الله berkata: "Anehnya, para penentang poligami dari jenis pria dan wanita tersebut, mayoritas mereka tidak mengerti tatacara wudhu dan sholat yang benar, tetapi dalam masalah poligami mereka merasa sebagai ulama besar!!"

Kata beliau pula: "Ketahuilah bahwa setiap orang yang berusaha untuk mengharamkan poligami atau telah mengharamkannya atau mempersulitnya, sesungguhnya dia telah berdusta tentang Alloh." (Umdah Tafsir 1/458-461)

Syaikh Musthofa as-Siba'i  berkata: "Saya pernah mengunjungi salah satu yayasan di Irlandia tahun 1956 M, di sana terjadi dialog antara saya dengan ketua yayasannya, dia berkata: 'Kami orang-orang barat tidak membolehkan poligami. Dan menurut kami, orang yang menikahi lebih dari satu istri adalah orang aneh atau kelebihan syahwat!' Saya katakan padanya: 'Apa pendapatmu tentang Dawud, Sulaiman, dan Nabi-nabi bani Isro'il yang mereka berpoligami semenjak Ibrohim?!' Dia lalu diam dan tidak bisa menjawab!" (al-Mar'ah Baina Fiqh wal Qonun hal. 96)

Seorang wanita Inggris pernah berkata: "Betapa hati ini rasanya teriris-iris melihat para putri di negeri ini. Namun apalah artinya kesedihan dan rasa kasihanku? Tidak ada artinya kecuali kita berusaha mencari solusi yang dapat membendung kerusakan ini. Alangkah indahnya ucapan Thomas yang menjelaskan penyakit beserta obatnya yaitu 'bolehnya poligami'. Dengan cara ini akan hilanglah kerusakan tersebut dan putri-putri kita akan menjadi ibu rumah tangga yang baik. Sumber kehancuran Eropa adalah undang-undang bahwa pria hanya boleh menikahi satu wanita. Kerusakan ini akan bertambah semakin besar lagi selagi poligami tidak diperbolehkan." (Lihat Huquq Nisa' fil Islam Muhammad Rosyid Ridho hal. 63)

 Bersambung...
sumber : ebook 10 Faedah Nikah 

4 comments:

  1. Assalamu'alaykum.. saya suka sekali postingan ini, kalo bisa posting juga cerita manusia yang menikah dengan jin... Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. @twinkle... Terimakasih Atas Komentarnya,
    sebelumnya mohon maaf,
    kisah manusia dengan jin sangat sulit untuk membuktikannya, karena manusia dengan jin adalah makhluk yang berbeda, walaupun ada yg bilang "kejadian itu pernah terjadi"

    وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً

    (QS. Ar-Rum: 21)

    ReplyDelete
  3. hmm ya ya ya sebaiknya kita jangan berhubungan ma mereka, karena setahu saya jin muslim itu

    ReplyDelete
  4. jin muslim tidak mau berhubungan dengan manusia, kemungkinan yang berhubungn dgn mns itu jin kafir, jin munafik.. paling yaa jin muslim marah aja kalo diganggu

    ReplyDelete

Yang ada kritik ....
saran...
komentar.....
silakan!!!
tolong yang sopan be yo..